-->

Cara mengajar anak belajar baca tulis

Halo semua untuk para ibu yang mempunyai anak usia 5 tahun ( TK besar ) jika ibu kesulitan dalam mengajar anak membaca dan menulis kini ibu tidak perlu khawatir, karena saya akan membagi ilmu untuk para ibu bagaimana cara mengajar anak yang belum bisa membaca.



Adapun cara yang perlu ibu ketahui, yakni

1. Kenalkan huruf vokal ( a,i,u,e,o ) secara berulang ‐ ulang.
2. Latih anak menuliskan vokal ( a,i,u,e,o ).
3. Setelah ibu mengenalkan huruf vokal ( a,i,u,e,o ) dan mengajarkan anak cara  menulis a,i,u,e,o barulah keesokan harinya menyuruh anak untuk menulis  kata, misalnya suruh anak menulis huruf b, a, c, a ( sambil ajak anak untuk  mengeja kata baca ini) dan selanjutnya suruh anak menulis huruf s, o, t, o ( sambil  ajak anak mengeja kata "soto" ) begitu seterusnya didikte sampai  nomor 10 saja. Ini bertujuan agar anak cepat hafal dengan huruf jika dilakukan secara berulang - ulang.
4. Setelah anak mengetahui huruf , ajarkan anak mengeja ( tetapi jangan terus  menerus anak diajak mengeja karena jika mengeja terus ,anak tidak akan  bisa membaca lancar).


Nah, itulah cara mengajar anak membaca dan menulis . Dalam waktu 3 bulan anak sudah bisa membaca dan menulis kalimat sendiri. Selamat mencoba!
Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter